Senin, 30 Maret 2015

PEREKONOMIAN SI NEGARA KANGURU AUSTRALIA

PEREKONOMIAN NEGARA AUSTRALIA

ARTI SISTEM
Sistem berasal dari bahasa latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma)adalah suatu kesatuan yang terdiri kompinen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi,materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, dimana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada di negara tersebut.

SISTEM PEREKONOMIAN AUSTRALIA


Kuatnya perekonomian Australia nampak jelas pada beberapa tahun terakhir. Negara ini mampu bertahan dari beberapa peristiwa internal dan eksternal. Antara lain krisis keuangan dan ekonomi di Asia,kekeringan yang berkepanjangan dan pembangunan rumah yang meledak.
Australia termasuk salah satu yang tergabung dalam negara persemakmuran inggris dan menganut sistem ekonomi pasar dengan PDB per kapita yang paling tinggi dan memiliki angka kemiskinan paling rendah. Satuan mata uang negara Australia adalah dolar Australia. Mata uang tersebut mencangkup beberapa negara, antara lain kepulauan Cocos, Pulau Norfolk, Pulau Natal dan beberapa negara di kepulauan Pasifik yang merdeka. Di antara Nauru, Tuvalu, dan Kiribati.

PEREKONOMIAN AUSTRALIA MENGANDALKAN BERBAGAI BIDANG
Sebagai salah satu Negara termaju di dunia, kegiatan ekonomi Australia mengandalkan bidang sebagai berikut
·          Bidang Pertambangan
Bidang pertambangan termasuk salah satu kegiatan perekonomian terbesar di Negara Australia. Pertambangan yang ada dinegara Australia, mencangkup beberapa hal berikut ini :
·        Pertambangan gas alam
·        Pertambangan emas
·        Pertambangan bijih besi
·        Pertambangan batu bara
·          Bidang pertanian
Dalam bidang pertanian, Negara ini paling banyak menghasilkan gandum. Keberhasilan Australia dalam bidang pertanian menempatkannya sebagai salah satu Negara pengekspor komoditas pertanian mineral dan energi.
·          Bidang peternakan
Bidang peternakan merupakan salah satu kegiatan ekonomi Negara Australia. Bidang peternakan yang terdapat di Negara tersebut, antara lain:
·     Peternakan ayam
·     Peternakan sapi
·     Peternakan domba
·          Bidang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi
Teknologi informasi dan telekomunikasi yang bermutu tinggi merupakan salah satu lokomotif pertumbuhan dan inovasi ekonomi di Australia. Dalam hale readiness, Australia masuk dalam peringkat kesembilan dari 69 negara. Hal itu dibuktikan melalui survey Economist Intelligence Unit, pada tahun 2007.
Faktor-faktor lain yang banyak menguntungkan Negara Australia, antara lain :
 ·      Jasa keuangan
·      Jasa hukum
·      Manajemen yang canggih
·      Lokasi yang berdaya saing
·      Lokasi strategi di kawasan Asia-Pasifik
·      Memiliki kedekatan dengan Asia dan lingkungan
bisnis Amerika-Eropa
Beberapa bidang yang menjadi andalan Negara Australia membuat struktur ekonomi semakin stabil. Hal itu bisa dilihat dari berbagai prestasi yang berhasil diraih Negara Australia berikut ini :
·     Negara Australia tercatat sebagai negara dengan produksi suhu terbesar di dunia
·     Pasar saham Australia termasuk terbesar di dunia dan terbesar kedua di kawasan Asia Pasifik.
·      Jasa keuangan Australia dengan sistem keuangan yang sangat canggih dan pasar transparan yang merupakan pusat keuangan di kawasan yang utama
·     Investasi asing menjadi salah satu bidang yang mempercepat pertumbuhan ekonomi.

SRATEGI PEMBANGUNAN AUSTRALIA
Sebagai buah penerapan reformasi struktual dan kebijakan yang terus-menerus sejak 1970an, Australia kini memiliki struktur kelembagaan dan peraturan yang sehat, stabil dan modern yang memberikan kepastian kepada dunia usaha dan menawarkan tujuan investasi yang ramah.
Sebagai bagian dari agenda reformasi yang ambisius, Australia secara progresif telah merombak atau memangkas banyak tariff proteksionisnya, memperkenalkan undang-undang persaingan dalam negeri, melakukan deregulasi pasar keuangan, mengembangkan nilai tukar mata uangnya, melakukan desentralisasi pasar tenaga kerjanya dan ‘memancangkan’ kebijakan makro ekonominya dengan meyakinkan.
Australia telahmenurunkan rintangan perdagangan dan investasi dan persaingan nyata berlangsung di berbagai bidang ekonomi, termasuk di dalam sector keuangan, transportasi udara dan telekomunikasi.
Sejak 1970, secara efektif tingkat bantuan sector manufaktur di Australia telah turun 35 persen hingga kurang dari 5 persen kini. Budaya persaingan dan inovasi ini telah membuahkan banyak orang di dunia yang menggunakan teknologi, kepakaran dan produk manufaktur Australia dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Kini, infrastruktur Australia luas dan berkelas dunia, member penduduk dan dunia usaha jasa transportasi, teknologi komunikasi dan informasi, sistem distribusi fasilitas umum dan tenaga listrik, dan jasa keuangan domestic dan international yang efisien dan handal.
Perubahan dan penyerdehanaan sistem perpajakan telah memangkas biaya usaha secara nyata, khususnya bagi para ekspotir. Pajak barang dan jasa (GST) ditetapkan 10 persen dan berlaku untuk hamper semua barang dan jasa. Tidak diperlukan materai dalam transaksi saham dan tingkat pajak usaha ditetapkan 30 persen. Pemerintah juga menawarkan insentif pajak hingga 175 persen untuk mendorong dunia usaha untuk mendorong dunia usaha untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan.
Australia terus mambangun di atas fondasi kembar repormasi struktual dalam negeri dan makin meningkatnya akses pasar internasional, menikmati kemenangan melalui basis ekspor yang berdaya saing dan inovatif dan tekad kuat terhadap liberalisasi perdagangan dunia.

LETAK GEOGRAFIS BENUA AUSTRALIA
Luas daratan Australia adalah 7.617.930 km2 berada di atas lempengan Indo-Australia. Dikelilingi oleh Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik, ia dipisahkan dari Asia oleh laut Arafura, dan Laut Timor. Benua terkecil di dunia, dan negara terluas keenam menurut luas keseluruhan, kepemilikan,dan keterpencilan Australia menyebabkanya dijuluki sebagai benua pulau dan di pandang sebagai pulau terluas di dunia. Australia memiliki garis pantai sepanjang 34.218 km (belum termasuk pulau-pulau di lepas pantai benua) dan pengakuan perluasan zona ekonomi ekslusif seluas 8.148.250 km2. Zona ekonomi eksklusif ini tidak termasuk Teritorial Antartika Australia. Tidak termasuk Pulau Macquarie, Australia terletak di antara 9° LS, dan 44° LS, dan 112° BT, dan 154° BT.
Port Arthur, Tasmania merupakan koloni terakhir terbesar Australia.
Karang penghalang besar, terumbu karang terbesar di dunia, terletak di dekat pantai timur-laut, dan memanjang sampai 2.000 km. Gunung Augustus, diakui sebagai monolit terbesar di dunia, terletak di Australia Barat. Setinggi 2.228 m, Gunung Kosciuszkoberada di Pegunungan Pemisah Besar merupakan gunung tertinggi di benua Australia, meskipun Puncak Mawson di territorial jauh Australia-Heard Island andalah lebih tinggi, yakni setinggi 2.745 m.
Australia adalah benua terdatar, dengan lapisan tanah yang paling tua, dan tidak begitu subur, gurun atau tanah yang agak gersang biasa dikenali sebagai pedalaman adalah bagian terbesar benua ini. Benua terkering yang dihuni manusia, hanya bagian tenggara, dan tepian barat daya yang beriklim sedang. Kepadatan populasi, 2,8 jiwa per kilometer persegi adalah salah satu yang terkecil di dunia, meskipun proporsi populasi yang besar tinggal di sepanjang pesisir tenggara yang beriklim sedang.
Australia Timur ditandai oleh Pegunungan Pembagi Besar yang memanjang sejajar dengan pesisir Queensland, New South Wales, dan sebagaian besar Victoria-meskipun nama ini tidaklah akurat, karena sebagian pegunungan terdiri dari perbukitan yang rendah, dan pegunungan tersebut ketinggiannya tidak lebih dari 1.600 meter. Hutan ilkim sedang Australia Timur, dan Sabuk Brigalow terletak di antara pesisir, dan gunung-gunung sementara pedalaman pegunungan pembagi adalah padang rumput luas. Ini termasuk dataran barat New South Walet, dan Tanah Tinggi Einasleigh, Dataran Tinggi Barkly, dan Tanah Mulga pedalaman Queensland. Titik paling utara pesisir timur adalah Semenanjung Tanjung York yang memiliki hutan hujan tropis.
                                             Peta Topografi Australia


Bentang alam bagian utara negara ini, Ujung Atas, dan Tanah Teluk di belakang Teluk Carpentaria, denga iklim tropis merdeka, terdiri dari tanah kayu, padang rumput, dan gurun. Di sudut barat-laut benua ini adalah tebing batu pasir,dan ngarai Kimberley, dan yang di bawah adalah Pilbara, sedangkan yang di selatan, dan pedalaman terdapat banyak padang rumput, Dataran Victoria Biasa, dan Semak Belukar Mulga Australia  Barat. Jantung negara ini adalah dataran tinggi Australia tengah memiliki fitur yang menonjol, yakni di tengah, dan selatan, termasuk pedalaman Gurun Simpson, Gurun Berbatu Tirari-Sturt, Gurun Gibson, Gurun Sandy-Tanami Besar, dan Gurun Victoria Besar dengan Dataran Nullabor yang terkenal di pesisir selatan.
Iklim di Australia sangat dipengaruhi oleh arus samudra, termasuk Dipol Samudra Hindia, dan Osilasi El-Niño Selatan, yang berkorelasi dengan kekeringan yang berkala, dan sistem tekanan rendah tropis bermusim yang menghasilkan siklon di utara Australia. Faktor-faktor ini mengimbasi curah hujan yang variatif dari tahun ke tahun. Sebagian besar utara negara ini memiliki iklim hujan musim panas dominan tropis(monsoon dibawah tiga per empat Australia terletak sebuah gurun atau zona kurang subur. Pojok Barat Daya Australia Barat memiliki iklim Mediterania. Banyak bagian di tenggara (termasuk Tasmania) adalah beriklim sedang.

MATA PENCAHARIAN AUSTRALIA
Australia terdiri atas gurun pasir/semi gurun pasir yang sangat luas dan hamper tak berpenghuni yang disebut “outbok”. Hanya sedikit orang yang tinggal di wilayah ini tumbu-tumbuhan pun sedikit mata pencarian utama penduduk di wilayah ini adalah beternak domba/ternak lain pada sebuah peternakan yang disebut “station”.

INVESTASI ASING AUSTRALIA
Australia menyambut baik investasi asing. Australia mengakui peran penting investasi asing untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, pengembangan industri yang berdaya saing, penciptaan lapangan kerja dan peningkatan ekspor. Investasi asing di Australia (investasi portofolio,langsung, derivatif keuangan dan lainnya) pada juni 2007 jumlah totalnya mencapai $ 1,6 triliun. Investasi portofolio investasi mencangkup 63 persen total investasi asing. Pada 2006-07, jumlah total investasi asing langsung mencapai $ 331 milyar. Selama satu dasawarsa hingga 2007, Australia merupakan penerima neto investasi asing langsung yang terbesar kelima di OECD.









  • http://www.bimbie.com/kegiatan-ekonomi-australia- mengandalkan-bidang.htm
  • http://www.indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/ekonomi_global.html
  •  http://www.mediaedukasiinternasional.com/informasi/4

                                                                                                       
 Mata Kuliah   : Perekonomian Indonesia
          Nama Dosen: Bapak Muhammad Firdaus


2 komentar: